Study Excursion Marine Engineering


Perkembangan industri saat ini semakin pesat. Berhubung dengan hal tersebut, maka perguruan tinggi sebagai tempat menghasilkan sumber daya manusia yang berkualitas dan baik merasa terpanggil untuk semakin meningkatkan mutu output nya. Berangkat dari pemikiran diatas, mahasiswa Teknik Permesinan Kapal angkatan 2020 bermaksud melakukan kunjungan industri atau Study Excursion.

Study Excursion merupakan kegiatan tahunan mahasiswa Teknik Permesinan Kapal Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya dengan melaukan kunjungan industry ke galangan kapal. Harapannya, dangan adanya kegiatan ini dapat menunjang pengetahuan mahasiswa yang diperoleh dari materi perkuliahan. Selain itu, wawasan mahasiswa tentang dunia kerja yang berkaitan dengan industrialisasi sangat diperlukan dimana teknologi baru masuk dan diaplikasikan oleh industri terlebih dahulu. Tujuan dari Study Excursion sendiri adalah memperkenalkan kepada mahasiswa tentang ruang lingkup Teknik Permesinan Kapal dan dunia kerja serta peluang kerjanya. Tak hanya itu, kegiatan ini juga memberikan gambaran langsung proses dalam pembuatan kapal dan rincian alur produksi pada dunia industri. Sehingga dapat diharapkan bahwa nantinya mahasiswa sebagai calon output akan lebih mengenal perkembangan industri.

Mahasiswa sebagai penerus bangsa memiliki peran yang penting dalam proses pembangunan di masa mendatang. Sehingga dalam mewujudkan pembangunan industri diperlukan pemahaman yang baik mengenai kondisi dan teknologi proses perindustrian di Indonesia dan mahasiswa diharapkan agar berkompeten dalam bidangnya masing-masing.


Kegiatan Study Excursion yang dilaksanakan pada 23 – 24 Agustus 2022 tepatnya di galangan kapal PT Gapura Shipyard, Banyu Ajuh, Kec. Kamal, Kabupaten Bangkalan, Jawa Timur. Kedatangan para peserta disambut hangat oleh para pembimbing dan melakukan pembukaan serta pemaparan profil perusahaan kepada para peserta Study Excursion.

Kegiatan ini dihadiri 118 peserta dari  D4 Teknik Permesinan Kapal 2020 dan D3 Teknik Permesinan Kapal 2020. Antusiasme KM ME pada kegiatan ini sangat tinggi. Hal tersebut dibuktikan dengan tingkat kehadiran peserta yang melebihi 90%, dimana tingkat kehadiran ini melebihi TUK yang dibuat. Para peserta sangat bersemangat untuk mengajukan pertanyaan kepada para pemateri saat dilapangan yang memang sangat ahli pada bidang industri perkapalan.

 


Study Excursion  merupakan serangkaian kegiatan pengenalan dunia kerja oleh Program Studi Teknik Permesinan Kapal kepada KM ME aktif yang dituju. Pada kegiatan tersebut peserta diperkenalkan tentang beberapa hal yang ada pada industri perkapalan, antara lain peserta diarahkan untuk melihat bagian yang ada pada galangan maupun di dalam kapal. Pada bagian galangan kapal peserta ditunjukkan bagian reparasi propeller, proses docking kapal menggunakan air bag, peserta ditunjukkan beberapa jenis kapal yang berada pada galangan tersebut, peserta juga ditunjukkan proses sand ballast pada kapal. Sedangkan pada bagian dalam kapal, peserta diarahan untuk memasuki kamar mesin dan melihat pekerjaan yang dilakukan di kamar mesin, peserta juga ditunjukkan bagian-bagian yang ada di dalam kamar mesin antara lain, main engine, auxiliary engine, gear box, dan pipa-pipa.


Pada akhir kegiatan dilakukan penyerahan cinderamata secara simbolik oleh Program Studi Teknik Permesinan Kapal kepada perwakilan dari PT  Gapura Shipyard.